Refleksi

  • Membangun Etos Kerja

                    Bismillahirrahmanirrahim. Siapapun yang mengkaji Islam dengan menggunakan kecerdasanya dan kejernihan hatinya akan menyimpulkan bahwa Islam merupakan agama professional. Rahasianya adalah ajaran Islam tidak hanya sekedar rutinitas ritual melainkan juga sebagai ideologi, dimana seluruh aspek kehidupan merupakan sebuah sistem utuh yang telah diciptakan oleh Dzat Maha Sempurna yakni Allah Swt. Dan, dalam realitasnya juga bisa dimengerti bahwa sistem Islam tersebut sesuai dengan fitrah manusia, dapat memuaskan akal dan menenangkan hati.


                    Demikian halnya, terhadap persoalan .....

    Selengkapnya »

  • Mari Menuju Prestasi yang Hakiki

                    Dalam diri manusia secara fitrah telah tercipta sebuah “file prestasi”. Dalam arti setiap manusia yang hidup dalam kondisi normal dipastikan mendambakan prestasi, sekecil apapun hingga sebesar apapun. Mereka menginginkan dirinya menjadi manusia sukses dan beruntung terhadap apa yang diinginkan. Dan sebaliknya, tidak seorangpun  yang menginginkan dirinya menjadi manusia gagal, tidak berprestasi dalam kehidupanya.


                    Naluri berprestasi dalam ilmu psikologi Islam termasuk dalam kategori “gharizatul baqak” atau dalam bahasa psikologi konvensional masuk dalam ranah “power .....

    Selengkapnya »

  • Sekuler, Karakter Jiwa yang Sakit

              Bismillahirrahmanirrahim. Siapapun, Insya Allah tidak ada yang tidak faham dengan istilah manusia sekuler. Dalam sebuah literature An Nidzamul Islam disebutkan bahwa sekuler adalah fashluddin ‘anil khayah, yakni memisahkan antara agama dan kehidupan. Dalam arti, manusia yang dalam pandangan hidupnya tidak mau mencampurkan antara urusan kehidupan dengan agama. Dunia dan agama harus dipisahkan dan tidak dapat disatukan, ibarat air dan minyak.


              Jalan hidup sekuler bisa terjadi dalam seluruh ranah kehidupan atau bisa juga hanya .....

    Selengkapnya »

  • Mengendalikan Diri Dengan Sabar

    Manusia, selama dalam hidupnya senantiasa diberi ujian oleh Allah Swt., sejak lahir hingga detik-detik hendak meninggalkan dunia ini. Jenis dan sifat ujian sangat bervariasi sejak dari yang sederhana hingga medium (menengah) dan bahkan sangat kompleks. Ujian tersebut berpeluang sepanjang waktu, dimanapun dan kapanpun manusia berada, baik ketika berurusan dengan diri sendiri, keluarga, masyarakat, kolega, kerja dan karir, bisnis, keuangan, organisasi, jabatan, dsb. 


    Dan, bahkan tidak ada manusia yang hidup di dunia ini bisa bersembunyi untuk .....

    Selengkapnya »