Hubungi Kami

Tes Psikologi Program Seleksi Karyawan Baru

Dalam pengalaman, setiap organisasi ataupun perusahaan memiliki style masing-masing dalam mengelola SDM termasuk persyaratan (requirement) untuk menduduki pos jabatan tertentu. Jika sama sama jabatan manajer operasional, tentu berbeda jauh antara manajer operasional bidang jasa dan bidang produksi barang. Namun yang tidak dapat dipungkiri adalah persyaratan yang cocok (matching) antara kualifikasi pekerjaan dengan kualifikasi pekerja. Di sini prinsip right man in the right place menjadi prinsip yang tidak terbantahkan Insya Allah sampai akhir dunia. Bahkan dalam sebuah hadits dikatakan jika perkara itu diberikan pada pihak yang bukan kompetensinya maka tunggulah saat kehancuranya (idza wusidal amru ila ghairi ahliha fantadziris sa'ah).

          Oleh karena itu, untuk menjamin bahwa sebuah pos baru suatu pekerjaan dapat dijalankan secara tepat sasaran dengan tingkat produktivitas tinggi maka harus diisi oleh seseorang yang memiliki kompetensi mencukupi. Dalam konteks ini dimaksudkan adalah kompetensi psikologis atau aspek yang terkait dengan soft competence. Jika salah penempatan maka sistem akan ngadat yang disebabkan terdapat satu sub-sistem yang tidak berfungsi dengan baik. Disinilah maka sangat diperlukan SDM yang matching dengan kualifikasi pekerjaan tersebut. Dalam hal ini, diperlukan sebuah pendekatan metode dan teknik bagaimana proses seleksi dan rekruimen calon karyawan baru dapat menjamin ketercapaian pengisian pos SDM yang dimaksudkan matching tersebut di atas.

Sasaran

Diperolehnya SDM yang memiliki kompetensi psikologis (soft competence) terhadap profesi sehingga dapat menopang dan melancarkan tercapainya produktivitas kerja serta tujuan organisasi ataupun perusahaan.

Peserta

Calon karyawan baik Staf, Operator ataupun Supervisor baik untuk organisasi ataupun perusahaan di bidang produksi barang ataupun jasa.