Hubungi Kami

Seni Menyelesaikan Konflik

Dalam setiap organisasi, lembaga ataupun perusahaan terdapat kecenderungan kuat untuk semai, tumbuh dan berkembangnya konflik. Fenomena konflik tersebut bisa terjadi dari skala sangat sederhana, cukup sederhana, mencolok, sangat mencolok hingga kompleks dan membahayakan sistem organisasi. Disamping itu, konflik juga bisa terjadi secara horizontal (sesama level), vertikal ataupun (level karyawan dengan atasan). Ataupun juga konflik bisa terjada antara satu sistem organisasi dengan sistem organisasi di luar (konflik dengan tetangga sebelah).

          Kendati konflik dapat membahayakan, namun jika terkelola untuk diselesaikan dengan baik maka akan memunculkan sebuah inovasi dan produktivitas yang luar biasa. Sebaliknya, jika konflik dibiarkan liar dan tidak terurus maka justru kelak akan membesar dan sewaktu waktu akan meletus bagaikan bom waktu dalam sistem yang bersangkutan. Sementara itu, konflik dalam sebuah organisasi secara herediter senantiasa potensial untuk mucul. Hal ini disebabkan berkumpulnya anak manusia yang memiliki latar belakang berbeda, karakter dan atribut pribadi yang berbeda, perbedaan interpretasi atas sebuah kebijakan, peraturan legal dan kondisi lain yang berkembang dalam sebuah sistem tanpa terkendali, dst.

          Nah, jika konflik masih dinilai level biasa, persoalanya adalah bagaimana dapat mengetahui dan mengidentifikasikan jika muncul konflik; bagaimana mengelola dan mengatasinya secara tepat dan akurat; dst. Itulah kiranya sejumlah persoalan yang harus dijawab untuk diimplementasikan dalam lingkungan kerja setiap hari. Dalam hal ini sharing sangat diperlukan.

Sasaran

          Dapat memahami seputar konflik, upaya mengidentifikasi, mencegah dan mengelola dengan sebuah penyelesaian yang komprehensif.

Peserta

Profesional, Umum.