Hubungi Kami

Kursus, Crash Program Psikologi Orang Dewasa dan Manula

Secara ideal, dewasa merupakan usia puncak dalam karir kehidupan. Sementara itu manula (manusia dengan usia lanjut) merupakan masa penurunan dari puncak. Kiranya dua fase tersebut sangat menarik untuk dikaji dari sisi Psikologis. Sebab bila hal tersebut difahami maka justru akan menjadi sababiyah (faktor penyebab) sebuah kebaikan dalam kehidupan. Namun jika tidak difahami bisa jadi akan menyebabkan kerugian. Sebab banyak sekali ketika seseorang ada di puncak mereka lupa daratan, sementara jika sudah fase manula yang ada hanya sebuah penyesalan.

          Fase psikologis masa dewasa di satu sisi seharusnya adalah puncak sebuah prestasi, baik dalam karir, rumah tangga, kepemimpinan sosial, pencapaian kekayaan, dst. Sementara fase manula idealnya adalah fase sebuah integritas mental spiritual keberagamaan, menjadi tokoh panutan, ketauladanan, sumber inspirasi kaum muda dan dewasa, dan fase menikmati atas jerih payah ketika di fase dewasa, dst. Namun ternyata tidak semuanya berjalan lateral dan mulus terhadap persoalan ideal tersebut.

          Justeru banyaknya kasus dimana fase dewasa yang gagal dan amburadul hingga fase manula yang banyak menyusahkan diri dan lingkunganya. Disana banyak terjadi sebuah realitas usia dewasa namun hakekatnya tidak dewasa, perjalanan karir yang gagal, kesempatan telah hilang begitu saja, padahal masa telah sedang berlalu. Kesempatan untuk merajut sebuah karir kandas begitu saja, padahal masih kuat-kuatnya stamina fisik, intelektual, dan aspek psikologis lainya. Seharusnya mereka menjadi tokoh sentral dalam bidang kenegaraan, rektor sebuah universitas, jabatan puncak dalam sebuah perusahaan raksasa, dan aneka jabatan strategis lainya, dst. Demikian halnya, fase manula yang seharusnya menikmati hasil karyanya namun acapkali mengalami persoalan sejak dari post power syndrome, mudah stress dan emosional, hingga menuju kepikunan.  

          Itulah kiranya, sangat menarik jika Psikologi Orang Dewasa dan Manula tersebut dikaji dan disharingkan sehingga menjadi kerangka pemahaman bagaimana mengisi fase tugas perkembangan tersebut untuk merajut sebuah prestasi kehidupan.

Sasaran

          Memahami ilmu Psikologi tentang Orang Dewasa dan Manula sehingga dapat mempersiapkan untuk mengisinya menuju pada sebuah kehidupan yang mulia, sukses dan Berprestasi.

Peserta

Profesional, Guru atau Asatidz, Praktisi pendidikan, Umum