Hubungi Kami

Kursus, Crash Program Psikologi Anak

Dalam lingkungan keluarga, dan pendidikan, Psikologi anak  terasa menempati rangking tertinggi dibanding kajian disiplin Psikologi lainya, semisal Psikologi Remaja, Psikologi Manula, Psikologi Sosial. Beberapa waktu lalu terdapat kajian atas hasil survey di forum Islamic Book Fair (IBF) 2011, bahwa buku-buku tentang anak menempati urutan terdepan dalam nilai jual di masyarakat.  Bahkan, special dunia anak ini menjadi obyek suatu bisnis yang demikian luar biasa. Sejak dari media cetak dan elektronik, lembaga pendidikan, dunia bisnis pakaian, permainan, dunia hiburan, dst. Sungguh dunia anak memiliki level demikian tinggi.

          Kiranya dapat dibenarkan, sebab anak merupakan tunas generasi yang masih dalam fase tumbuh kembang dengan penuh kekritisan. Pertumbuhan dan perkembangan anak menarik untuk diteliti, dikaji dan dibentuk agar dapat  terwujud sebagai generasi yang berkualitas tinggi. Sebab jika anak-anak mengalami salah asuhan dan pendidikan maka berdampak fatal terhadap fase perkembangan berikutnya. Terlebih lagi dalam pandangan Psikologi Islam, bahwa anak terlahir dalam keadaan fitrah (Islam), maka lingkunganlah yang akan membentuk mereka, menjadi Yahudi atau Nasrani. Disamping itu juga pengakuan dari Psikolog barat, John Locke dengan teori tabularasa mengatakan bahwa anak terlahir bagaikan kertas putih, hingga lingkunganlah kelak yang akan melukisnya.

          Oleh karena itu sangatlah penting memahami Psikologi anak. Bahkan bisa jadi “fardlu ‘ain” bagi setiap orang tua. Sebab denganya bisa diketahui bagaimanakah seharusnya memberikan gizi tubuhnya, menanamkan aqidahnya, mengajari bahasa, akhlak, kepribadianya. Bagaiamana pula memahami dan mengisi perkembangan emosi, inteligensi, spiritual, perkembangan motorik, dst. Yang menarik lagi adalah pengetahuan dan keterampilan orang tua tentang fiqih praktis anak, apa yang harus diajarkanya beserta tekniknya. Banyak sekali hadits tentang Psikologi Anak yang seharusnya menjadi panduan orang tua. Hanya saja, Psikologi Anak dalam Islam ini masih asing. Oleh karena itu program ini sangat menarik untuk disharingkan sehingga dapat menghasilkan generasi yang bertaqwa.

Sasaran

          Memahami seluk beluk ilmu Psikologi tentang anak sehingga menjadi sebuah pembekalan untuk mengasuh dan mendidik anak demi terwujudnya generasi yang sehat, taqwa dan ummat yang terbaik (Khairu Ummah)

Peserta

Orang Tua, Guru atau Asatidz, Praktisi Pendidikan, Profesioanl, Umum