Hubungi Kami

Konsultasi Psikologi Manajemen SDM

Sumber Daya Manusia (SDM) dalam sebuah organisasi dan perusahaan menempati posisi pertama diantara unsur penting lainya. Sebab, walaupun di dalamnya terdapat unsur money, materials, machines, methods, dst, tidak akan berjalan tanpa digerakkan oleh unsur manusia yang bersumber daya. Oleh karena itu kondisi SDM yang termanajemeni dengan baik, stabil, dinamis, dst. menjadi pilar utama organisasi dan perusahaan dapat bertahan dan berkembang mencapai tujuan. Hal ini berlaku secara mutlak, walaupun lingkungan dan infrastruktur sudah tersiapkan secara prima.

          Hanya saja terdapat persoalan penting dan kritikal bahwa pengelolaan SDM bukan sesuatu yang mudah semudah membalik telapak tangan. Hal ini disebabkan manusia dengan berjuta latar belakangnya sehingga harus dikelola dengan kekuatan maksimum. Jika tidak maka mereka tidak akan produktif, menimbulkan konflik dan bahkan dapat memukul untuk menghancurkan perusahaan atau organisasi. Namun jika dikelola dengan optimal maka akan membawa sebuah perjalanan kapal terus bergerak maju sehingga Visi, Misi, dan Tujuan akan sampai tujuan. Itulah kiranya pengelolaan SDM adalah sebuah keniscayaan abadi.

          Beberapa persoalan SDM yang menjadi kunci utama adalah bagaimana pihak manajemen memiliki Mapping Plan sehingga beberapa tahun ke depan sudah tergambakan kekuatan SDM yang harus dimiliki baik secara kuantitatif ataupun kuaitatif. Tentu Mapping Plan tersebut didesain secara integratif dengan sasaran dan target organisasi perusahaan baik dalam jangka menengah atau jangka panjang. Selanjutnya, persoalan SDM yang harus diperhatikan adalah penetapan ruquirements yang ditindaklanjuti dengan konsistensi rekruitmen, seleksi dan penempatan sesuai dengan kompetensinya. Disamping itu, dalam rangka memenuhi kebutuhan yang terus berkembang termasuk (science dan technology) maka program training dan pengembangan yang mesti terus diperhatikan. Dst..dst...demikian kompleksnya. Itulah kiranya acapkali diperlukan pihak kedua atau ketiga untuk membantu optimalisasi pengelolaan SDM.

Sasaran

Membantu mengelola SDM organisasi atau perusahaan menuju tercapainya target dan sasaran yang diinginkan.

Peserta

Pemangku jabatan strategis dalam organisasi ataupun perusahaan.