Hubungi Kami

Kapankah Anak Anda Mulai Disekolahkan

Seringkali terjadi perdebatan tentang kapankah anak dapat mulai disekolahkan? Teringat sebuah kasus di Surabaya beberapa tahun lalu bahwa seorang Psikolog melarang anak-anak yang masih berumur empat hingga lima tahun untuk belajar di Taman Pendidikan Al Qur'an. Argumentasi yang dibangun adalah belum saatnya pada usia tersebut anak belajar dan nanti dapat membahayakan psikis anak kelak di kemudian hari. Bahkan dapat berakibat stress pada anak. Betulkah demikian? Padahal dalam catatan sejarah peradaban Islam, bahwa seorang ulama dan cendikiawan banyak mulai hafal Al Quran 30 juz dalam usia 5 tahun, 6 tahun dan seterusnya.

          Atau juga terdapat perbedaan yang hingga hari ini masih berlangsung. Bahwa, anak-anak di usia sekolah TK tidak diperbolehkan untuk diajari membaca dan menulis. Konon hal tersebut terdapat dalam kurikulum Diknas (?). Sementara itu, hampir dipastikan anak-anak yang lulus dari TK dalam kenyataanya sudah diajari dan memang mampu membaca dan menulis. Bahkan sekoalh TK tidak akan diminati orang tua jika setamat dari TK tersebut tidak mampu membaca dan menulis. lantar bagaimanakah sebenarnya sistem psikologi pendidikan Islam menjawab terhadap persoalan yang membingungkan tersebut.

Sasaran

         Didapatkan pemahaman tentang kapankah sebenarnya anak dapat mulai disekolahkan dalam perspektif Psikologi Pendidikan Islam.

Peserta

Orang Tua, Guru atau Asatidz, Praktisi Pendidikan, Profesional, Umum.