Hubungi Kami

Bagaimana Membangun Komunikasi Asertif

Kunci sukses hubungan interaksional sesama manusia adalah terpeliharanya komunikasi yang bersifat efektif. Hal ini berlaku untuk seluruh sisi kehidupan, termasuk sejak dari komunikasi interpersonal, antar kelompok, organisasi dan perusahaan, dalam dunia bisnis, sosial kemasyarakatan, hingga komunikasi diplomasi internasional. Jika komunikasi berjalan secara efektif maka memiliki dampak kesuksesan yang luar biasa. Sebaliknya, dengan komunikasi yang tidak efektif, walaupun "satu kata" yang terucap atau tertulis akan berdampak fatal terhadap pihak yang diajak berbicara sehingga target komunikasi bisa gagal total.

          Disamping fakta tersebut, terdapat juga kenyataan bahwa dalam komunikasi terdapat tipe atau model agresif, submissif, manipulatif, dan asertif. Secara ringkas konsepsi komunikasi asertif adalah bagaimana komunikator dapat mengkomunikasikan secara dewasa, rasional, komprehensif sehingga pihak komunikan dapat memahami dan menerima maksud dan tujuanya. Dengan cara demikian terjadi kondisi yang saling memahami sehingga target komunikasi dapat tercapai. Tentu saja konsepsi ini mudah untuk dibaca dan disampaikan secara teoritis namun sebenarnya cukup sulit dalam ranah implementasi kecuali diperlukan sebuah sharing yang intensif dan pengasahan keterampilan di lapangan.

Sasaran

          Memahami konsepsi dan realitas tipe atau model komunikasi yang selanjutnya mampu mempraktekan tipe komunikasi yang terbaik (asertif) sehingga dapat berkontribusi terhadap kesuksesan tujuan dan terget komunikasi yang telah dirancangnya.

Peserta

Profesional, Umum.