Profil Lembaga

Website yang bertitel www://psikologi-islam.com merupakan media komunikasi dari Yayasan Lembaga Bantuan Psikologi Islam Indonesia (YLBPII). Yayasan tersebut dirikan berdasarkan Akte Notaris Srihani Prasetyowati SH. MKn. Nomor 8 tertanggal 4 April 2007.

Kami telah memiliki izin praktek psikologi dengan nomor registrasi NIP : 01/IP:12-07/1740 serta nomor anggota HIMPSI 01-07K-3422.


Visi Lembaga


Menjadi Lembaga Bantuan Psikologi Terdepan yang Berbasis Aqidah dan Syari’ah Islam Menuju Ummat Terbaik (KHAIRU UMMAH).


Misi

  • Mengembangkan Pemikiran Psikologi Berbasis Islam sebagai Solusi Kehidupan yang Komprehensif.
  • Melaksanakan Psychological Check Up -- Mendeteksi Kecenderungan Psikologis demi Terwujudnya Kesehatan Mental menuju Masyarakat yang Prestatif.
  • Melaksanakan Training & Development menuju Manusia yang Bersumber Daya Unggul, Mandiri, dan Prestatif.
  • Melaksanakan Selection, Recruitment & Placement untuk Memberikan Kepastian bagi User & SDM ybs.
  • Melaksanakan Asesmen Kompetensi untuk Menentukan Kelayakan SDM sesuai dengan Dunia Kerjanya.

 

  • Melaksanakan Konsultasi Keluarga demi Terwujudnya Masyarakat yang Sakinah, Mawaddah wa Rahmah.
  • Melaksanakan Konsultasi Organisasi dan Industri menuju Corporate yang Mampu Bersaing di Era Global.
  • Menyelenggarakan Kursus Psikologi demi Terwujudnya Masyarakat yang Berkepribadian Unggul.
  • Mengembangkan Kerjasama Sinergis dgn Pihak-pihak Stakeholder dlm Mengembangkan Visi dan Misi ybs.
  • Mengembangkan Kegiatan Lain yang Relevan dengan Visi Yayasan.

Sementara itu terdapat sejumlah anggota SDM termasuk di dalamnya tim psikolog, trainer dan ahli ke-Islaman antara lain adalah : DR. Qomariyah; Eny Dwiningsih; Muhtadin; Hary Budi Cahyono; DR. Achmad Sastra; Nadzifah Fiddiana.

Mengapa Psikologi Islam? Kami sudah cukup lama merindukan berdirinya sebuah Lembaga Bantuan Psikologi Islam yang menjadi solusi perilaku manusia secara universal. Insya Allah kami memiliki kapabilitas untuk itu. Sebab secara keilmuan kami disamping sebagai Psikolog alumni Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya juga sampai hari ini sangat intens mengkaji Tsaqafah Islam. Insya Allah. Dalam perkembanganya, kami sadar betul bahwa cikal bakal disiplin Psikologi di Indonesia merupakan hasil adaptasi, adopsi dan develop dari negara-negara barat (genderang empirisme akhir abad 18 masehi) khususnya Eropa dan Amerika yang memiliki basis ideologi kapitalisme dan komunisme-sosialisme. Dimana secara pemikiran ideologi senantiasa terjadi perbedaan deametral antara pemikiran Islam (terikat dengan aqidah dan hukum dari Allah Swt Dzat Pencipta dunia) dan VERSUS barat (terikat dengan peraturan sesama manusia/makhluk).

Kami sangat menyadari bahwa ketika basis perilaku manusia didasarkan pada ide liberal seperti yang dikembangkan di dunia barat, betapa semakin terlihat kerusakan masyarakat dunia. Eropa dan Amerika yang menjadi kampium dan pusat peradaban Psikologi, tidak membuat negaranya menjadi lebih baik, namun justru kini menjadi kolonial dunia, penjajah negeri-negeri kaum muslimin dengan membunuhi jutaan kaum muslim dan merampok harta kekayaanya. Demikian pula rakyatnya dengan ideologi kebebasan berperilaku, kini mereka semakin hancur yang ditandai semakin tidak terkendalinya kebebasan perzinahan, kejahatan hingga pembunuhan dan bunuh diri, transeksual (lesbi, gay, dsb), menghalalkan cara dalam aspek kehidupan, dsb.

Sementara itu, siapapun tahu bahwa Islam adalah agama dan ideologi yang terpancar daripadanya sistem kehidupan yang menata seluruh kehidupan manusia secara total. Basis utamanya adalah Al Quran dan Al Hadits sebagai referensi atau guidelines kebahagiaan manusia dunia-akherat. Selama hampir 13 abad Islam menjadi permata dunia yang dibuktikan dengan majunya peradaban manusia yang super manusiawi, termasuk khazanah ilmu-ilmu tsaqafah, ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahkan disiplin psikologi telah disusun pada abad-abad awal dalam Islam (lihat dalam website ini rubrik Analisis dengan judul Psikologi Islam Gelombang Besar Ideologi Dunia).

Kategori Program & Layanan

Pengalaman Kami

Dalam bidang Training, kami memiliki pengalaman mengisi antara lain sebagai berikut :